Prestasi

Prestasi adalah hasil yang telah dicapai seseorang dalam melakukan kegiatan. Gagne (1985:40) menyatakan bahwa prestasi belajar dibedakan menjadi lima aspek, yaitu : kemampuan intelektual, strategi kognitif, informasi verbal, sikap dan keterampilan. Menurut Bloom dalam Suharsimi Arikunto (1990:110) bahwa hasil belajar dibedakan menjadi tiga aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik

Mencetak Prestasi Anak

Pada dasarnya, prestasi dapat dicapai jika anak memiliki bakat dan kemampuan. Bakat harus dilatih dan dikembangkan secara kontinu agar ia berhasil di bidang yang digelutinya kelak. Sedangkan, kemampuan adalah kekuatan dan kesanggupannya untuk menjalani suatu proses tindakan untuk mencapai tujuan.Karena itu sebelum meminta anak untuk menjadi juara, perhatikan dan ketahuilah bakat, kemampuan dan keinginannya. Mulailah dengan pertanyaan sederhana: apa yang terpenting untuknya, prestasi atau usaha untuk mencapainya? Jawaban atas pertanyaan tersebut akan memberi gambaran kepada orang tua apakah anak harus memiliki prestasi cemerlang atau tidak. Mendorong anak untuk berusaha melakukan yang terbaik di pelajaran atau hobi seperti olahraga, akan lebih baik daripada menetapkan standar tinggi untuknya.

Yang penting sebagai pengingat bagi orangtua adalah antara lain sebagai berikut:

Anak tentu ingin mencapai prestasi yang membuatnya senang dan bangga. Tapi berikan pengertian padanya bahwa untuk mencapai suatu prestasi ia harus melewati proses belajar dan berlatih dengan sungguh-sungguh.

Bantu anak dalam berlatih atau proses pembelajaran. Berikan selalu pujian atas usaha-usaha yang telah dilakukannya. Tekankan pada manfaat usaha yang dilaluinya tersebut. Sehingga kompetisi bukanlah untuk mencapai juara semata-mata.

Setiap orang dapat mengalami kegagalan meski sudah berusaha keras. Mengnghiburnya saat mengalami kegagalan akan membangkitkan kembali semangat dan motivasinya untuk meraih prestasi. Dan tetap menghargai usaha yang telah dilakukannya. Demikian ya Bu, semoga bermanfaat.

dikutip dari http://jawabali.com/keluarga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: